Sabtu, 08 Januari 2011

METODE CERAMAH


1.      Pengertian Metode Ceramah
Metode ceramah dapat diartikan sebagai cara penyajian pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung kepada siswa.
Menurut Muhibbin Syam (2000) metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

Metode ceramah hanya cocok digunakan apabila :
-          Untuk menyampaikan informasi
-          Bahan ceramah langkah
-          Kalau organisasi sajian harus disesuaikan dengan sifat penerima
-          Bila perlu membangkitkan minat
-          Kalau bahan cukup diingat sebentar
-          Untuk memberi pengantar atau petunjuk bagi format lain.
Sedangkan
Metode ceramah tidak cocok :
-          Kalau tujuan belajar bukan prolehan informasi
-          Untuk retensi jangka panjang
-          Untuk bahan yang kompleks, terinci dan abtsrak
-          Kalau keterlibatan siswa penting bagi pencapaian tujuan
-          Bila tujuan bersifat kognitif tingkat tinggi
-          Bila tingkat kemampuan dan pengalaman siswa kurang
-          Bila tujuan untuk mengubah sikap dan menanamkan nilai-nilai
-          Bila tujuan untuk mengembangkan psikomotor.

2.      Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah
Menurut Syaifil Bahri Djamarah, 2002. Beberapa kelebihan metode ceramah adalah :
a.       Guru mudah menguasai kelas
b.      Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar
c.       Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar
d.      Mudah dilaksanakan
Disamping beberapa kelebihan diatas, ceramah juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya :
a.       Guru lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian hanya terpusat pada guru saja
b.      Murid seakan diharuskan mengikuti segala apa yang disampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritis, karena guru dianggap selalu benar. untuk bidang studi agama, metode ceramah ini masih tepat untuk dilaksanakan, misalnya untuk mata pelajaran akidah.
c.       Anak didik yang lebih tanggap dan vivi visual akan menjadi rugi, dan anak didik yang lebih tanggao auditifnya dapat lebih besar menerimanya.
d.      Sukar mengontrol sejauh mana pemerolehan belajar anak didik
e.       Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme
f.       Bila terlalu lama membosankan.

3.      Langkah-Langkah Menggunakan Metode Ceramah
Agar metode ceramah berhasil, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan baik pada tahap persiapan maupun pada tahap pelaksanaan.
a)      Tahap Persiapan
-          Merumuskan tujuan yang ingin dicapai
-          Menentukan pokok-pokok materi yang akan diceramahkan
-          Mempersiapkan alat bantu. Alat bantu tersebut misalnya dengan mempersiapkan transparansi atau media grafis lainnya untuk meningkatkan kualitas ceramah.
b)      Tahap Pelaksanaan
Pada tahap ini ada tiga langkah yang harus dilakukan
1.      Langkah pembukaan
Langkah pembukaan dalam metode ceramah merupakan langkah yang menentukan keberhasilan pelaksanaan ceramah. Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam langkah pembukaan ini.
-          Yakinkan bahwa siswa memahami tujuan yang akan dicapai
-          Lakukan langkah apersepsi, yaitu langkah menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan materi pelajaran yang akan disampaikan

2.      Langkah Penyajian
Tahap penyajian adalah tahap penyampaikan materi pembelajaran dengan cara bertutur. Agar ceramah kita berkualitas sebagai metode pembelajaran, maka guru harus menjaga perhatian ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan :
-          Menjaga kontak mata secara terus menerus dengan siswa
-          Gunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dicerna oleh siswa
-          Sajikan materi pembelajaran secara sistematis, tidak meloncat-loncat agar mudah ditangkap oleh siswa.
-          Tanggapilah respons siswa dengan segera. Artinya, sekecil apapun respons siswa harus kita tanggapi.
-          Jagalah agar kelas tetap kondusif dan menggairahkan untuk belajar.
3.      Langkah mengakhiri atau menutup metode ceramah
Ceramah harus ditutup agar materi pembelajaran yang sudah dipahami dan dikuasai siswa tidak terbang kembali. Ciptakanlah kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa tetap mengingat materi pembelajaran.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk keperluan tersebut diantaranya :
-          Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan atau merangkum materi pelajaran yang baru saja disampaikan.
-          Merangsang untuk menarik kesimpulan atau merangkum materi pelajaran yang baru saja disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar