Jumat, 04 Maret 2011

Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI


Pembelajaran TAI adalah suatu pembelajaran kelompok dengan cara :
o  Meminta siswa bekerja dalam kelompok-kelompok pembelajaran
o  Bertanggung jawab dalam pengaturan dan pengecekan secara rutin,
o  Saling membantu memecahkan masalah dan saling mendorong untuk berinteraksi

Komponen-Komponen Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Komponen Pertama TEAMS
o  Kelompok yang dibentuk beranggotakan   4 s.d 6 siswa
o  Anggota kelompok heterogen       
o  Fungsi kelompok adalah memastikan bahwa semua anggota kelompok ikut belajar dan lebih khusus lagi mempersiapkan anggotanya untuk mengerjakan tes dengan baik

Komponen Kedua  Student Creative
o  Pemberian metode pemecahan masalah secara tahap demi tahap
o  Pemberian tes formatif  (misalnya dalam bentuk LKS)
o  Pemberian tes Unit    

 Komponen Ketiga Team Study
o  Para siswa membentuk pasangan-pasangan atau bertiga dalam suatu kelompok
o  Para siswa membaca tes formatif
o  Masing-masing siswa mengerjakan soal pertama dengan menggunakan cara sendiri, kemudian meminta seorang teman sekolompoknya untuk memeriksa jawaban
o  Apabila jawabannya semua benar, maka boleh meneruskan tes sumatif. Apabila ada yang salah, siswa harus mencoba kembali soal tersebut sampai benar.
o  Jika ada siswa yang mengalami kesulitan, maka disarankan meminta bantuan dari teman kelompoknya sebelum meminta pada guru
o  Tidak diperbolehkan mengambil tes sumatif sebelum lulus tes formatif
o  Siswa yang menyelesaikan tes unit merupakan tes akhir untuk menentukan skor kelompok

Komponen Keempat   Team Scores and Recognition
o  Setia minggu, guru menghitung skor kelompok
o  Skor didasarkan pada jumlah rata-rata sumatif yang tercakup oleh anggota kelompok
o  Menentukan peringkat setiap kelompok

Komponen Kelima   Teaching Group
o  Guru melakukan proses pembelajaran langsung pada kelompok-kelompok

Komponen Keenam  Fact Test
o  Dua kali seminggu, para siswa mengambil tes-tes tiga menit berdasarkan fakta

Komponen Ketujuh  Whole-Class unit
o  Setelah tiga minggu, guru menghentikan program individual yang digunakan dalam menyelesaikan tes
o  Guru membahas strategi pemecahan masalah selama satu minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar