Sabtu, 29 Oktober 2016

EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK



Kebijakan Publik selalu mencakup ketiga aspek utama, yakni Formulasi Kebijakan, Implementasi Kebijakan dan Evaluasi Kebijakan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, yakni melakukan evaluasi terhadap Kebijakan mengenai Pembinaan Sumber Daya Aparatur Pemerintah khususnya Peraturan Pemerintah Nomor : 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan, maka perlu pula dijelaskan mengenai pengertian Evaluasi Kebijakan Publik.

            Menurut Thomas R. Dye (1984:344) : “Evaluasi Kebijakan berusaha mempelajari akibat atau dampak dari penerapan sebuah kebijakan”. Sedangkan Thoma R. Dye menambahkan : “Policy evaluation is the assessment of the overall effectiveness of a national program in meeting its objective, or assessment ot the relative effectiveness of two or more program meeting common abjectives”.
Dijelaskan lebih lanjut bahwa dampak dari kebijakan selalu berhubungan dengan kenyataan atau apa yang dihadapi setelah pelaksanaan sebuah kebijakan. Menurut dampak dari kebijakan tersebut selalu berhubungan dengan  :
a.               Akibat terhadap hasil akhirnya
b.              Pencapaian optimal yang diperoleh
c.               Pengaruhnya terhadap masa depan
d.              Pengaruhnya terhadap biaya, terutama sumber daya yang diperlukan untuk mendukung sebuah kebijakan.
e.               Pengaruh secara tidak langsung terhadap berbagai peluang yang ada, sebagai pelaksanaan kebijakan tersebut.
Adapun tujuan dari evaluasi kebijakan menurut Riyadi (2000 : 3) diarahkan untuk berbagai alasan, diantaranya  :
a.           Untuk manajemen dan alasan administrative
b.          Untuk menilai kesesuaian dari perubahan program
c.           Untuk mengidentifikasikan cara-cara peningkatan pelaksanaan investasi
d.          Untuk memenuhi syarat-syarat kelompok pembiayaan yang memiliki tanggung jawab fiskal untuk alokasi dana.
Lebih lanjut, menurut Riyadi (2000 : 5) di dalam melakukan evaluasi kebijakan kita akan berkonsentrasi pada empat pertanyaan  yaitu :
a.           Pertanyaan untuk perencanaan program, yakni bagaimanakah tingkatan dan distribusi dari target populasi, apakah program yang telah disusun sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dan apakah kesuksesan untuk implementasi dapat dimaksimalkan ?
b.          Pertanyaan untuk pengamatan program, apakah program yang akan capai berhubungan dengan perorangan rumah tangga atau target unit yang lain ?
c.           Apakah programnya memberikan sumber penghasilan, pelayanan maupun keuntungan lain sebagaimana telah disusun dalam pola proyek ?
d.          Apakah programnya telah efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan ?


Daftar Pustaka

Dye, R. Thomas, 1984, Understanding Public Policy, Prentice Hall Inc, Englewood Cliffs.NJ.

Riyadi Suprapto, 2000, ‘Perencanaan Evaluasi Publik’ Penerbit Universitas Negeri Malang,

2 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is in fact the ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh an average of 42 pounds less than us.

    (And realistically, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and absolutely EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to see if this quick questionnaire can help you release your real weight loss potential

    BalasHapus