Jumat, 04 Maret 2011

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)


Menurut Arends (1997:122), ada tiga langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, yaitu:
      Langkah 1 – Thinking: Guru mengajukan sebuah pertanyaan atau isu yang terkait dengan pelajaran dan meminta semua siswa untuk menggunakan waktu satu menit memikirkan sendiri tentang jawabannya. Siswa perlu diperingatkan bahwa berbicara bukan bagian dari langkah ini
      Langkah 2 – Pairing: Guru meminta siswa untuk duduk berpasang-pasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka pikirkan. Interaksi yang dilakukan dapat berupa saling berbagi jawaban mengenai pertanyaan yang diajukan guru atau saling berbagi ide tentang isu yang dikemukakan guru. Waktu yang disediakan untuk langkah ini adalah 4 – 5 menit.
      Langkah 3 – Sharing: Guru meminta siswa untuk berbagi dengan seluruh kelas apa yang telah mereka sepakati dengan pasangannya. Sebaiknya guru berjalan mengelilingi ruangan, mendekati pasangan-pasangan siswa, dan mendengarkan laporan mereka. Mengingat keterbatasan waktu, maka cukup seperempat atau setengah dari seluruh pasangan dalam kelas yang diberi kesempatan melaporkan kesepakatan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar