Jumat, 04 Maret 2011

Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok

Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok :
1)     Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok dengan anggota 5 atau 6 siswa yang heterogen
2)     Kelompok dibentuk dengan pertimbangan:
a.      Keakrabatan persahabatan
b.      Minat yang sama dalam topik tertentu
3)     Siswa memilih topik untuk diselidiki, melakukan penyelidikan yang mendalam atas topik yang dipilih
4)     Menyiapkan dan mempresntasikan laporannya kepada seluruh kelas
5)     Pemilihan Topik : Siswa memilih sub topik khusus, siswa dikelompokkan
6)     Perencanaan Kooperatif : Siswa dan guru merencanakan prosedur pembelajaran, tugas, dan tujuan khusus yang konsisten dengan subtopik yang telah dipilih pada tahap pertama.
7)     Implementasi : Siswa menerapkan rencana yang telah mereka kembangkan di dalam tahap kedua. Kegiatan pembelajaran hendaknya melibatkan ragam aktivitas dan keterampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan siswa kepada jenis-jenis sumber belajar yang berbeda baik diadalam atau diluar sekolah. Guru secara ketat memantau kemajuan setiap kelompok.
8)     Analisis dan Sintesis : Siswa menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh pada tahap ketiga dan merencanakan bagaimana informasi tersebut diringkas dan disajikan dengan cara yang menarik sebagai bahan untuk dipresentasikan seluruh kelas.
9)     Presentasi hasil final : Beberapa atau semua kelompok menyajikan hasil penyelidikannya dengan cara menarik kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar sdiswa yang saling terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perfektif luas pada topik itu. Presentasi dikoordinasi oleh guru
10)Evaluasi: Siswa dan guru mengevaluasi tiap konstribusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar